boamcrop

Ayam Ketawa

ayamCara memelihara,merawat dan melatih ayam ketawa

mengetahui cara memelihara ayam ketawa membayangkan sangat sulit atau ada aturan aturan tertentu yang membuat repot pemelihara ayam ketawa, sehingga banyak yang ragu untuk memelihara ayam ketawa tersebut. Memelihara ayam ketawa sangatlah mudah, tidak ubahnya seperti memelihara ayam ayam hias atau ayam aduan, bahkan lebih mudah, karena dalam memelihara ayam ketawa tidak ada aturan – aturan khusus, hanya bila yang sudah dewasa perawatannya adalah cukup pemeberian jamu atau suplemen dan dimandikan, kemudian di jemur.
Memelihara anakan ayam ketawa.

Memelihara anak ayam ketawa untuk umur 1 sampai 30 hari, untuk pakannya cukup diberi por 591 dan minum yang di beri suplemen, untuk anak ayam ketawa pada umuran tersebut yang perlu diperhatikan adalah suhu ruangan, sebaiknya suhu ruangan di buat panas yaitu dengan cara kadang di beri lampu listrik 5 watt. Dan juga agar anak ayam ketawa tidak mudah terserang penyakit sebaiknya di vaksin, dan pilihlah vaksin yang kita mudah melakukannya sendiri yaitu dengan cara vaksin melalui tetes mata.

Vaksin ayam ketawa yang baru menetas sampai umur 1 minggu gunakan Medivac ND Hitchner B1, dan gunakan 1 tetes kemata ayam ketawa. tersebut benar – benar masuk kemata ayam ketawa, dengan cara setelah diteteskan kemata ayam,pegang dahulu sampai dia mengerjapkan mata berkali – kali, baru kemudian ayam ketawa dilepas. Sedangkan untuk vaksin kelanjutannya yaitu umur 1 bulan sampai dewasa gunakan Medivad ND La Sota, caranya sama dengan cara pemberian vaksin pada anak ayam ketawa.
Memelihara Ayam ketawa umur 1 – 4 bulan.
Untuk ayam ketawa pada umuran tersebut pemberian pakan por 591 cara berangsur-angsur mulai dikurangi, yaitu dangan cara por dicampur beras merah atau jagung slep. Pada anakan ayam ketawa umuran tersebut mulai belajar berbunyi, dan perawatannya selain di berimakan, minuman ayam di capur suplemen, suplemen ayam bermacam – macam seperti vita chicks, electrovit, raid chicks.
Memelihara ayam ketawa dewasa.
Ayam ketawa dewasa sudah mulai rajin berbunyi, pakan ayam ketawa ini cukup di beri beras merah atau jagung slep, agar tidak bosan sekali sekali bisa di beri por 594. untuk menjaga kesehatan beri suplemen merek seperti yang telah saya sebutkan diatas.
Pada ayam ketawa yang dewasa ini sudah mulai dimandikan cukup 1 minggu 3 – 4 kali dengan cara di lap pakai busa yang basah, sebaiknya jangan terlalu basah karena akan berpengaruh pada bulu ayam ketawa, setelah dimandikan cukup dijemur 2-3 jam.
Dan juga sering – sering dilatih bertengger di tenggeran yang di buat menyerupai hurup T dimensi tenggeran cukup mengunakan kayu 4 cm x 4 cm dengan panjang 60 cm sedangkan tiang bisa gunakan kayu 5/7 atau bambu diameter 8 cm, tinggi cukup 120 cm dan agar tidak goyang ditaman 50 cm.

Cara melatih ayam ketawa

Untuk anakan ayam ketawa yang malas berkokok harus di Pisahkan dari ayam ketawa lainya atau di sendirikan di ruang/tempat yg berbeda agar memancingnya untuk berbunyi.
Mandikan ayam ketawa di pagi hari dan di jemur sebentar setelah itu masukan lagi ke sangkar kemudian  gantung di tiang tempat yg tinggi,,seperti halnya Ayam Bekisar.
Untuk anakan maupun ayam ketawa dewasa harus sering dilatih di tiang kayu yang berbentuk huruf “T” , tujuannya adalah selain untuk persiapan kontes lomba, juga untuk melatih menjinakkan ayam Ketawa yg  agak liar dgn cara kakinya diikat dgn tali panjang khusus ayam.
sumber www.ayamketawajog.blogspot.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: